Wednesday, February 04, 2009

Swing Arm untuk ban super gede

Akhirnya selesai juga desain ide creatif yang gw janjikan.
Swing Arm ini dapat digunakan untuk mengimplementasikan ban yang super gede. tergantung berapa lebar velk yang kita gunakan. Selain hal itu juga ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti rantai, cc, dan lain sebagainya.

Pada kali ini, jika kita mengimplementasikan pada motor thundie yang monoshock akan sangat mudah sekali dan akan membuat gagah motor kita. sebenarnya seh ga hanya thunder yang adapat mengimplementasikan swing arm ini.

Gw sendiri menyarakan desain ini dengan platinum yang ringan tetapi memiliki kekuatan yang sangat kuat. Namun jika tidak ada ya besi juga ga papalah.....hehehe.

pada bagian ini kalo pada konsep awal untuk menhasilkan kekuatan yang besar maka gw menyarankan menggunakan blok besi yang dibubut. Minimal bututan yang diperlukan dibagian kepala swing arm. karena disini kita akan menempelkan laher dan menambahkan As untuk menempekan gear ganda di arm kita.

Desain ini pun membutuhkan dua rantai yang depan sama belakang. Implementasi ini dapat membuat arm yang lebar sesuai kebutuhan kita. Semakin lebar, maka akan semakin lenar juga besi bubut kepala arm ini guna memasang gear yang sebelah kanan.

secara garis besar kalo diliat dari atas akan seperti ini kira2 bentuk swing arm ini.



disana ada as yang digunakan untuk menghubungkan putaran rantai mesin dengan putaran ban. dimana jika kita ingin mengimplementasikan ban yang semakin besar, kita tinggal menambah lebar dari as dan gear yang sebelah kanan saja.

jika kita liat dari samping kiri, kita mendapatkan rantai mesin dengan gear as arm seperti berikut ini



namun jika diliat dari samping kana akan seperti ini.



dari gambar mungkin kita sudah bisa mengira-ngira seperti apa maksud gw.

Sorry banget gw belum sempet gambar yang lebih bagus yang bukan sketsa seperti yang bisa memudahkan kita untuk melihat hasil yang maksimal.

smoga berguna, jika ingin pesen, sama gw aja yah....
hehehe....


mo ban yang dipasang segede ini ???



bisa loh :)

2 comments:

  1. Kl mau pesen kemana? Kira2 brp duit? Thx
    -harman-

    ReplyDelete
  2. klo dipasangin ke honda cb kira2 bisa dan jdi seperti apa..brapa duit.

    ReplyDelete